wisatakotabatu
 

Pemandian Air Panas Alam Songgoriti

Picture
Primadona Sang Penyembuh Alami
Songgoriti adalah primadona obyek wisata di Kota Wisata Batu Jatim. Tak hanya panorama yang indah dan kesejukan udara alami yang dapat dinikmati, namun keberadaan sumber air panas (hot spring) yang menyembul di bawah Candi Songgoriti, dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit atau memulihkan stamina.  Terletak di pusat kota, sekitar 2 km arah barat dari Pusat Pemkot Batu, daerah ini menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona. Lereng gunung, hutan, bukit terjal, area out bound, tempat peristirahatan (resort), serta kemolekan budayanya seperti candi dengan hot spring alami air belerang mampu memukau siapa saja yang mengunjunginya.

Hampir setiap sudut daerah ini jadi terkenal dan memikat lantaran unik dan menarik, bahkan menjadi pusat tujuan wisatawan di Kota Wisata Batu. Mulai dari candi, danau air panas, kolam renang, kamar-kamar yang bersih dengan harga terjangkau, sumber air panas alami belerang, taman-taman mempesona, makam Mbah Pathok atau Empu Supo yang bersejarah, serta area parkir luas yang nyaman bagi para wisatawan. 

Namun, salah satu jenis wisata paling spektakuler, unik, alami dan menggairahkan untuk dinikmati adalah sumber air panas alami belerang. Air panas ini muaranya tepat berada di bawah Candi Songgoriti. Konon menurut sejarahnya, sumber ini adalah tempat mensucikan “Keris Pusaka” Raja Sindoh, salah seorang raja dari Kerajaan Singosari pada abad ke-5 M. Malahan, tempat ini terdapat benang merah dengan aliran air panas cangar dari Gunung Welirang, sekitar 20 km sebelah utara Kota Wisata Batu.  Tak hanya itu, Songgoriti merupakan kawasan wisata paling sibuk dan representatif di Kota Wisata Batu. Segala yang terkait dengan wisata bisa ditemukan di sana. Fasilitas olah raga tenes, kolam renang, hiburan malam, restoran aneka menu Indonesia dan Internasional, area jogging, area hutan alami nan indah, hotel-hotel kelas biasa hingga villa kelas mewah, pijat tradisional untuk rileks, area out bound di lereng-lereng gunung, tempat rekreasi keluarga dan sebagainya.

Menurut para leluhur, air panas belerang dapat menyembuhkan gatal-gatal dan pegel linu di sekujur badan. Sehingga, kini dibuatlah kolam rendam dan tempat peristirahatan atau hotel yang full berfasilitas air panas belerang tersebut yakni Hotel & Pemandian Air Panas Alam, Songgoriti. Fasilitas spesifik hot spring yang mungkin tak dimiliki oleh kawasan-kawasan wisata lain di Indonesia maupun Internasional ini menjadi trade mark Songgoriti, Kota Wisata Batu. Wisatawan dapat berendam air panas belerang itu selama 24 jam. Maka tak hanya wisatawan domestik yang berkunjung ke Songgoriti, tapi juga wisman dari Taiwan, Korea dan Malaysia.

Bahkan bila pengunjung bermalam di Hotel & Pemandian Air Panas Alam ini bisa berenang di kolam dingin sambil bersantai makan minum di kedai dalam kolam. Sejauh mata memandang, semua tampak indah, menyejukkan serta penuh inspirasi bila berdiam di bersejarah ini. Tak hanya itu, berbagai acara apapun bisa digelar di Songgoriti dengan leluasa, aman dan mempesona. Seperti seminar, pesta kebun, pesta keluarga, Live Music, berbagai kontes, lomba mewarnai bagi anak-anak, arisan, joging hingga Out Bound dengan latar belakang rerimbunan pohon-pohon di lereng gunung, sampai dengan acara berlibur bersama teman maupun keluarga. Karena hotel itu berfasilitas kamar-kamar dari berbagai tipe dengan harga terjangkau untuk semua kalangan, mulai kelas standar hingga kelas eksekutif. “Semua pengunjung dari kalangan apapun akan terakomodir, serta dijamin puas dan terkesan bisa menikmati segalanya bila beristirahat di Hotel & Pemandian Air Panas Alam ini,” tandas Peni Astriawati, Manajer Hotel & Pemandian Air Panas Alam di Songgoriti seraya merinci berbagai jenis kamar yang tersedia. Yakni terdiri dari 4 tipe kamar standar dan 1 tipe kamar superior (cottage). Pertama, Tipe Teratai dengan tarif Rp.200 ribu per malam. Kamar Tipe Teratai ini berfasiitas Double Bed, Kamar Mandi Bath-Up lengkap air dingin, serta air panas belerang selama 3 jam di pagi hari dan 3 jam di sore hari, TV, Kulkas dan Telepon, serta makan pagi. Kedua, Kamar Tipe Kenanga dengan tarif  Rp. 175 ribu per malam Fasilitas Kamar Tipe Kenanga ini adalah Double Bed, Kamar Mandi Bath-Up dengan air dingin dan air panas belerang selama 3 jam di pagi hari dan 3 jam di sore hari, Telepon, TV, sarapan pagi. Ketiga, Kamar Tipe Mawar dengan harga Rp. 150 ribu per malam. Fasilitas yang tersedia di kamar tipe Mawar adalah sama seperti kamar tipe kenanga, hanya yang membedakan hanya ukuran kamarnya lebih kecil. Keempat, Kamar Tipe Anggrek dengan tarif Rp. 220 ribu per malam. Daam Kamar Tipe Anggrek ini berfasilitas Double Bed, Kamar Mandi Bath-Up dengan air dingin serta air panas belerang selama 24 jam, TV, Telepon, Kulkas, serta ukuran kamar lebih besar ketimbang Tipe Teratai, Tipe Kenanga dan Tipe Mawar.

Namun tak kalah istimewa, di Nirwana Resort & Hotel terdapat Kamar Superior Tipe Cempaka dan Wijaya Kusuma. “Sebenarnya Kamar Tipe Cempaka ini adalah sebuah Cottage yang terdiri 2 kamar yang dihubungkan dengan Connecting Door serta berfasilitas lengkap, namun disewakan per kamar agar lebih ringan harganya bagi pengunjung,” papar Peni seraya merinci harga Kamar Tipe Cempaka ini sebesar Rp. 350 ribu per malam. Sedangkan, Cottage Wijaya kusuma terdiri 2 kamar dalam satu rumah dengan harga Rp.600 ribu. Fasilitas dalam kamar superior ini terdiri dari kamar tidur dengan double bed besar, Ruang Tamu lengkap dengan sofa dan meja kursi tamu, Mini Bar, kulkas, telepon, TV, Kamar Mandi Bath-Up dengan air dingin dan air panas belerang selama 24 jam, serta Hitter untuk pemanasan air biasa. Kelebihan cottage cempaka ini arealnya lebih asri dengan taman bunga yang indah, tempat parkir di halaman samping cottage serta tempat parkir nyaman yang dijaga security di halaman depan cottage.

Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti, juga masih menyediakan Hall Teater berkapasitas 200 orang. Hall ini tepat berada di atas Persewaan Kamar Mandi Air Panas Belerang, serta di samping selatan bawah terdapat kolam rendam air panas belerang dan sebelah utara bertengger Candi Songgoriti, tempat muara sumber air panas belerang. Hall ini bisa dimanfaatkan untuk pertemuan, seminar, pesta pernikahan, Live Music, work shop, diklat  dan sebagainya. Di area hotel seluas 4 hektar ini, juga menyediakan restoran dengan pelayanan 24 jam berkapasitas 30 orang, bisa dimanfaatkan untuk makan sambil bersantai menatap keindahan danau air belerang dan keindahan taman hotel yang mempesona dengan rerimbunan tetumbuhan alami yang tertata rapi dan eksotis.

Dijelaskan Peni, Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti ini berkapasitas keseluruhan kamar berbagai tipe sebanyak 68 kamar, termasuk cottage cempaka dan Wijaya Kusuma. Sehingga bisa menampung sekitar 130 orang. Maka itu, pihak manajemen Hotel ini memberikan fasilitas kemudahan bagi tamu-tamu dengan jumlah banyak melalui harga paket yaitu sekitar Rp. 130 ribu per pack dengan fasilitas makan 3 kali sehari. Pemerataan ini berlaku untuk semua tipe kamar mulai klas standar hingga klas superior.
Bagi tamu-tamu pengunjung Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti, tidak sekedar bisa menikmati keindahan alam dan kenyamanan kamar, namun bisa menikmati fasilitas lainnya yaitu Kolam Renang, Lapangan Tenes, Hall lengkap dengan sound dan slide, Kolam Rendam Air Panas Belerang dengan Tarif khusus, serta area alam yang bisa digunakan acara Out Bound. Dan Tak kalah menariknya, bila bagi tamu-tamu Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti adalah di malam hari saat weekend bisa mengadakan pesta kebun ruang terbuka pinggir kolam renang sambil menatap panorama indahnya alam pegunungan Kota Wisata Batu di malam hari.

Untuk lebih memanjakan tamu-tamu, Tulus bersama manajemen Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti, membuat paket wisata Berendam dan Mandi Air Panas Belerang dengan sistem transit Terutama bagi para tamu rombongan besar 2 – 3 bus, hanya mengeluarkan kocek Rp. 35 ribu per orang sudah bisa berendam di kolam air panas belerang Songgoriti, serta bisa beristirahat di kamar hotel sejenak sambil menikmati sarapan pagi. “Bagi tamu sebanyak 2 hingga 3 bus, disamping bisa berendam di kolam air panas belerang sepuasnya, juga kami sediakan 10 kamar sebagai area transit mereka dalam perjalanan,” ujar Peni memastikan bila para tamu yang ingin berkunjung ke Songgoriti serta beristirahat di Hotel & Pemandian Air Panas Songgoriti, Kota Wisata Batu, dapat datang langsung ke area eksotis ini atau kontak reservasi di telp. (0341) 593551, 593552, 593554, 593555 dan tentu para crew Hotel & Pemandian Air Panas Alam ini akan melayani tamu dengan sangat profesional. Mari kita nikmati eksotisme Songgoriti dan kenyamanan Hotel & Pemandian Air Panas Alam di Kota Wisata Batu Jatim. Please, Welcome to My Paradise......!!


yamin
8/10/2014

kalau menikmati fasilitas kolam air panas saja apa bisa min?? tanpa perlu sewa kamarnya?? rate harganya berapa di pemandian kolam air panas? trims.

Reply



Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    June 2012

    Categories

    All


batu