wisatakotabatu
 

Taman Rekreasi Selecta, Jelmaan Sang Dewi

Picture
Kala Sang Surya menyembul permukaan alam pegunungan dan menerobos lorong-lorong hijauanya dedaunan, semua menatap indahnya Sang Dewi Alam. Selecta tengah terjaga, menemani kicauan burung-burung di pagi hari. Dan, bagai bidadari dengan sejuta inspirasi, Selecta menari-nari dalam ingatan para pengunjungnya. Dia menyapa ramah dengan pesona alamnya yang memikat siapa saja yang datang menghampirinya.



Selecta adalah Taman Rekreasi Keluarga yang alami dan mempesona, karena disamping letaknya yang cukup tinggi – yakni 1150 m dari permukaan laut- juga gampang dijangkau, berada di Desa Tulungrejo Kecamatan BumiajiKota Wisata Batu Jatim. Tepatnya, berjarak 6 km sebelah utara dari pusat Pemerintahan Kota Wisata Batu, atau sekitar setengah jam arah barat dari Kota Malang dan 2 jam perjalanan ke selatan dari Kota Surabaya.

Tak sekedar tempat berlibur dan beristirahat, Selecta menjadi obyek wisata eksotis yang mengandung nilai sejarah tinggi di republik ini. Betapa tidak, sejak berdirinya pada 1928, tempat yang awalnya dimiliki Warga BelandaDe Ruyter De Wildt, ini menyimpan sejuta kenangan dan peristiwa di jaman revolusi. Seorang Bung Karno, tokoh proklamator RI, banyak termenung dan terilhami untuk menyatukan Negeri Majapahit ini. dari Selecta, tepatnya selama 15 hari pada jaman Jepang 1942, Bung Karno bersama para jenderal dan prajurit pejuang demi kemerdekaan RI, menginap di Villa De Brandarice – sekarang bernama Bima Shakti- Beliau merenung dan menyusun ide-ide perjuangan yang akhirnya menelorkan naskah proklamasi. Tonggak sejarah berdirinya Republik Indonesia tercinta.

Begitupun Bung Hatta, pada 1956 menjelang Konferensi KNIP, pernah bermalam di Villa Bima Shakti dan menorehkan “Keris Semangat” tentang perekonomian masa depan negeri ini. Disitu, Bapak Perekonomian Indonesia ini menulis “Tinta Emas” agar membangun ekonomi melalui perkoperasian dan dimulai dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Kebersamaan ini sangat ditekankan oleh Bung Hatta, sehingga doktrin itu dipakai oleh Manajemen PT Selecta hingga sekarang. “Dalam membangun perekonomian itu tidak boleh menghutang, dan kami sangat bersyukur sampai sekarang PT Selecta tidak mempunyai hutang,” kilah Samuel Rusdy, Direktur Utama PT Selecta menerangkan cara itulah yang menjadikan selecta besar dan tercatat sebagai pembayar retribusi pajak besar serta terdisiplin di Kota Wisata Batu.

De Brandarice sebagai saksi bisu sejarah nasional itu berdiam di areal taman wisata Selecta yang luasnya 18 hektar. Di sana saat itu, Bung Karno menunjukkan keprihatinan teramat dalam dan sering merenung akan nasib Bangsa Indonesia kedepan. Beliau selalu berolah raga kecil dan berjemur diri di pagi hari, siangnya mengunci diri di kamar dan sorenya menikmati pemandangan alam yang tampak indah dari ruang santai. Dalam hal panorama, bangunan Villa Bima Shakti ini merupakan tempat tertinggi di alam pegunungan Kota Batu. Dari sana seluruh Kota Batu dan sekitarnya bisa dipandang dan keindahannya bisa dinikmati tanpa halangan, semua keindahan dari kejauhan mampu diterobos mata. Meski di jaman modern sekarang ini, keindahan itu masih tetap tampak jelas, di Villa Bima Shakti yang berada di puncak bukit yang dikelilingi Gunung PandermanGunung ArjunoGunung Anjasmoro, serta Gunung Welirang yang selalu mengepulkan asap belerang.

Tak hanya itu, eksotisme panorama alam pegunungan yang indah dan sedap dipandang mata serta penuh nilai historis - tak lekang ditelan waktu- itu kini Selecta melambung menjadi pioner pariwisata di Kota Wisata Batu Jawa Timur, bahkan di Indonesia baik  di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara seperti dari Belanda,Taiwan dan Malaysia.

Selecta adalah sebuah Taman Rekreasi Keluarga untuk semua kalangan, mulai masyarakat ekonomi kecil hingga kalangan atas. Karena disana tak membedakan dari unsur manapun. “Semua wisatawan bisa menikmati alam wisataselecta dan kami layani secara baik dan professional( service by heart ),” kata  Samuel Rusdy yang selalu menekankan pelayanan professional untuk semua pengunjung di Taman Rekreasi SelectaKota Wisata Batu.

Berfasilitas Lengkap
Selecta pernah dibumihanguskan di jaman revolusi 1949 ini resmi berdiri kembali dan menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada 19 Januari 1950 dan menjadi milik masyarakat yang terakomodir dalam kepemilikan saham. Bahkan hal terakhir,Selecta sekarang telah mempunyai total 5000 saham dengan jumlah pemegang saham sebanyak 1010 orang.

Taman Rekreasi Selecta kini mempunyai fasilitas lengkap yang terdiri dari 4 unit fasilitas obyek wisata yang alami dan spektakuler. PertamaUnit Taman Rekreasi yang terdiri dari Kolam Renang Sejarah, Taman 1000 Bunga, Water Park, Out Bound, Flying Fox, Perahu Columbus, Kolam Ikan air tawar, Sepeda Air, Pasar Wisata (Buah, Sayur, Bunga), Area Jogging, Arena Kuda, Aquarium Raksasa dan Goa Singa (Lion Tunnel). Khusus Kolam Renang, airnya asli dari mata air pegunungan yang berasal dari 3 sumber air yaitu Sumber Jobranti 1, Sumber Jobranti 2 dan Sumber Sri Agung yang keseluruhan mata air itu berada di kawasan Selecta. Jadi tidak kuatir menggunakan bahan pemutih air seperti kaporit dan sebagainya. Malahan di Kolam Renang bila setiap hari langsung dialiri dengan air alam murni yang bersih yang berasal dari sumber-sumber mata air tersebut.Yang lebih menarik lagi, kesucian air di tempat inilah yang disebut “Tirta Kamandanu” yakni sebuah tempat yang dulunya ditemukan oleh punggawa kerajaan Singosari bernama Arya Kamandanu, dimana setelah bertapa lama untuk mencari sumber air mengingat kekeringan telah melanda negeri. Kamandanu melanglang buana kemana-mana tak menemukan sumber air sama sekali, lalu dia bertapa lama, dan seuasai bersemedi dia menancapkan keris “Naga Puspa” ke sebuah batu besar. Ternyata dibawah batu itulah terdapat sumber air bening dan suci yang bisa mengaliri semua daerah yang kekeringan tersebut. Sumber itulah berada di daerah Selecta dan dinamakan “Tirta Kamandanu”. Taman Rekreasi ini juga dilengkapi 40 Kamar Mandi Representatif serta Kamar Mandi Air Panas. “Sehingga, banyaknya tamu pengunjung akan selalu terakomodir tanpa harus berdesakan mengantri,” tambah Sujud Hariadi SE, Direktur PT. Selecta Batu.

Kedua, Fasilitas Selecta adalah Unit Hotel berklasifikasi Melati 3 dengan fasilitas hotel berbintang, terdiri dari Hall berkapasitas 500 orang, 70 kamar, menampung kurang lebih 210 orang. Bahkan, Villa Bima Shakti yang penuh historis itu juga disewakan go public, dengan fasilitas 10 kamar tidur eksekutif, Ruang Tamu berkapasitas 30 kursi tamu, Ruang Konrefensi Eksklusif di lantai 2 berkapasitas 50 orang, Dapur, Ruang Makan Bersama serta Save Security System (Sistem Keamanan) dengan 7 pintu rahasia, sehingga customer akan dijamin puas dan penuh memori serta bagi yang suka online sudah dilengkapi dengan wi fi.

KetigaUnit Restoran yang tersebar di beberapa tempat dalam kawasan Selecta. Yakni 3 restoran :  Restoran ASRI, Restoran BAHAGIA , Restoran CANTIK dan Café DAHLIA di Taman Rekreasi dekat kolam renang, dimana sambil melihat pemandangan yang eksotik kita bisa menikmati hidangan masakan yang lezat mulai masakan Indonesia dan Chinese Food. . “Semua customer akan bisa kami layani sesuai permintaan, bahkan kami juga menyediakan menu lengkap dan live music untuk acara pesta indoor maupun outdoor,” kata  Sujud Hariadi Direktur Selecta.

Keempat, Unit Kebun Apel dan Sayuran. Dalam unit ini PT Selecta bekerjasama dengan masyarakat sekitar kawasan wisata, sehingga hasilnya akan bisa dinikmati bersama masyarakat. Tanaman yang diproduksi bersama petani di kawasan Selecta adalah sayuran kobis, wortel, bungkul dan sebagainya.

Seiring globalisasi, Taman Wisata Selecta juga mengembangkan berbagai fasilitasnya untuk permainan seperti Water Park, sepeda air, moto GP, Indoor Playground, Out Bound, Flying Fox (seluncur diatas tali) dan masih banyak yang lainnya. Bahkan berbagai acara indoor maupun outdoor selalu bisa terakomodir bila diadakan di Selecta. “Apapun acara yang diinginkan customer selalu bisa terlaksana dan kami melayaninya secara professional,” tandas Sujud.

Kilas balik, awalnya dipilihnya Selecta adalah Ruyter De Wild ,meminta nasehat Seorang Raja di Songgoriti untuk mencari tempat strategis buat peristirahatan, tempat santai sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Kala itu Sang Raja mengutus salah seorang Empu yang berkesaktian tinggi dan mampu menerawang alam misteri. Setelah berbagai pilihan tempat dijamah, akhirnya daerah di Desa Tulungrejo ini diseleksi dan memenuhi syarat materiil dan spiritual. Tempat itu didatangi dan ditancapkan api lentera diatas tanah, lalu api itu mengarah kemana ketika terhembus angin, dan apakah warna nyala api kebirubiruan, lantas tanah diendus mengandung bau suci. Karena memenuhi semua persyaratan, daerah itu dinamakan Selecti atau telah dipilih, sehingga sekarang dikenal dengan nama Selecta.
Selecta kini makin menapak, dan berbenah diri untuk mengikuti globalisasi meskipun tak meninggalkan unsur alamiah dan peduli lingkungan. Terbukti, berbagai fasilitas taman rekreasi modern ada disana, namun alam kawasan lingkungan yang tetap rimbun penuh pepohonan masih tampak subur dan berdiri tegak. Bahkan, di sekeliling Areal parker seluas 3 hektar ditumbuhi pepohonan dan stand berbagai macam bungan dan tanaman bunga terdapat disana. Dari situlahSelecta menjulang dimata wisatawan.

Kalau Anda berrekreasi ke wilayah Jawa Timur, tidak akan lengkap apabila tidak mengunjungi Taman Rekreasi Selecta di Kota Wisata Batu Jatim. Untuk menikmati Selecta, sangatlah terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.. Dan Selecta merupakan Jelmaan Sang Dewi Keindahan serta The Small Paradise in East Java. Hanya dengan Rp. 15.200,- para pengunjung sudah bisa dijamin puas dan rileks di kawasan wisata alami dan penuh sejarah ini. Coba dan buktikan sendiri Jelmaan Sang Dewi ini.


 

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    June 2012

    Categories

    All


batu